STRATEGI PEMBELAJARAN TIPE ROTATING QUARTET EXCHANGE: SUATU UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Authors

  • Syahrial Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Barat
  • Deby Handayani Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Barat
  • Dedi Mardianto Fakultas Ekonomi Universitas Sumatera Barat

Abstract

Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar siswa. Faktor yang mempengaruhinya adalah
pembelajaran masih didominasi oleh Guru, dan siswa kurang diberi kesempatan melakukan
sesuatu selain mencatat, mendengar serta menyatakan informasi dengan kalimat mereka sendiri.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh strategi
pembelajaran aktif tipe rotating quartet exchange terhadap hasil belajar matematika siswa pada
ranah kognitif. Jenis penelitian ini yaitu pra eksperimen dan rancangan penelitian yang
digunakan adalah randomized control group only design.
Berdasarkan tes akhir hasil belajar diperoleh rata-rata hasil belajar matematika pada kelas
eksperimen 83,68 dan rata-rata hasil belajar matematika kelas kontrol 72,13. Hasil analisa uji- t diperoleh
thitung = 3,58 dan ttabel = 1,67 pada taraf nyata 0,05. Disimpulkan thitung > ttabel menerima hipotesis alternatif
(H1) yaitu hasil belajar matematika siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol, artinya
pembelajaran aktif tipe rotating quartet exchange berpengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2021-10-14