ANALISIS STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN PEDAGANG KECIL DALAM PERSPEKTIF EKONOMI DI PADANG PARIAMAN

Authors

  • 1Muhamad Rezki Universitas Sumatera Barat
  • Syofria Meidona Universitas Sumatera Barat
  • Zaki Universitas Sumatera Barat

Keywords:

Pengelolaan, Pasar Tradisional, Pedagang Kecil

Abstract

Penelitian  ini  merupakan  penelitian  kualitatif dengan menggunanakan desain penelitian lapangan (field research)  dan penelitian kepustakaan (library research)  yang dilakukan di PasarTradisional Lubuk Alung. Analisa data mengunakan Analisis IFAS (Internal Factors Analysis Strategic), EFAS (External Factors Analysis Strategic) dan analisis SWOT.Hasil peneltian ini didapatkan  Pengelola pasar tradisional Lubuk Alung, Kecamatan Lubuk Alung, belum menunjukkan adanya manajemen pengelolaan yang baik. Daya saing Pasar Lubuk Alung sering terjadi adanya praktek-praktek kecurangan seperti padagang baru yang berjualan di bahu jalan, pengelola pasar tradisional membiarkan saja tanpa ada penanganan yang tegas, pengelola pasar hanya memberikan teguranteguran tanpa sanksi yang berat. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap pendapatan pedagang yang berjualan di dalam pasar. Manajemen pengelolaan pasar tradisional Lubuk Alung, Padang Pariaman belum sesuai dengan perspektif ekonomi karena belum memiliki sifat dan prinsip-prinsip ekonomi yang baik, antara lain prinsip kejujuran, persaingan yang sehat, dan keterbukaan.Diharapkan peneltian ini dapat sebagai bahan masukan  pada pengelola pasar Lubuk Alung  untuk meningkatkan kinerjanya secara menyeluruh dalam segala aspek sehingga dapat mengantisipasi segala kecurangan kecurangan dan ketidakadilan yang terjadi di pasar Lubuk Alung.

Downloads

Published

2021-10-14