Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan tentang Pemeriksaan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Nan Balimo Kota Solok

Authors

  • Mekar Zenni Radhia

DOI:

https://doi.org/10.59963/jmk.v2i1.44

Keywords:

Pengetahuan, Persepsi, Triple Eliminasi

Abstract

Sebagai bentuk tanggung jawab negara dalam menjamin kelangsungan hidup anak maka perlu dilakukan upaya untuk memutus rantai penularan HIV, Sifilis, dan Hepatitis B melalui Eliminasi Penularan. Survey awal pada 10 Orang ibu hamil, rata-rata Ibu hamil tidak mengetahui tentang pemeriksaan triple eliminasi, sehingga ibu menanggap pemeriksaan triple eliminasi tidak perlu untuk dilakukan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh penyuluhan kesehatan terhadap pengetahuan tentang pemeriksaaan triple eliminasi pada ibu hamil diwilayah kerja Puskesmas Nan Balimo Kota Solok tahun 2021. Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Metode penelitian ini quasi eksperiment. Tempat penelitian diwilayah kerja Puskesmas Nan Balimo Kota Solok. Waktu Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2021. Sampel yang digunakan yaitu sebanyak 11 orang responden. Analisa data dilakukan dengan uji T-Test dengan derajat kepercayaan 95%. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata pengetahuan ibu sebelum diberikan penyuluhan kesehatan yaitu 5,5 dengan standa deviasi 2,3. Nilai minimum 2 dan nilai maksimum 9. Hasil penelitian diperoleh bahwa rata-rata pengetahuan ibu sesudah diberikan penyuluhan kesehatan yaitu 13.5 dengan standa deviasi 1,1. Nilai minimum 12 dan nilai maksimum 15. Uji statistic menunjukkan ada perbedaan pengetahuan p value sebesar 0 dan keterampilan p value sebesar 0 ibu sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan. Disimpulkan bahwa ada pengaruh sebelum dan sesudah diberikan penyuluhan kesehatan diwilayah kerja Puskesmas Nan Balimo Kota Solok tahun 2021. Diharapkan kepada tenaga kesehatan untuk dapat memberikan informasi berupa promosi kesehatan mengenai triple eliminasi sehingga dapat meningkatkan pengetahuan ibu dan bersedia melakukan pemeriksaan triple eliminasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-06-02 — Updated on 2022-12-19

Versions

How to Cite

Radhia, M. Z. (2022). Pengaruh Penyuluhan Kesehatan Terhadap Pengetahuan tentang Pemeriksaan Triple Eliminasi pada Ibu Hamil di Wilayah Kerja Puskesmas Nan Balimo Kota Solok. Jurnal Medisains Kesehatan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.59963/jmk.v2i1.44 (Original work published June 2, 2021)