Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Ruang Mina Rumah Sakit Aisyiyah Pariaman Tahun 2021

Authors

  • Mechi Silvia Dora STIKes Piala Sakti
  • Ramaita Ramaita STIKes Piala Sakti

DOI:

https://doi.org/10.59963/nthn.v16i1.78

Keywords:

Mutu Pelayanan Keperawatan, Kepuasan Pasien

Abstract

Mutu pelayanan keperawatan merupakan suatu proses kegiatan yang dilakukan oleh profesi keperawatan dalam pemenuhan kebutuhan pasien. Salah satu indikator mutu pelayanan adalah kepuasan pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan mutu pelayanan keperawatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap di ruang mina rumah sakit aisyiyah pariaman tahun 2021. Desain penelitian termasuk dalam penelitian kuantitatif dengan jenis korelasi dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 juni s/d 22 juli 2021. Tempat penelitian di lakukan di Rumah Sakit Aisyiyah Pariaman di Ruang Mina. Jumlah sampel yang 36 orang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Alat pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan analisa stastitik menggunakan uji Chi-square. Hasil analisa yang di dapat bahwa mutu pelayanan keperawatan di rumah sakit aisyiyah pariaman di kategori baik (55.6%), dengan tingkat kepuasan yaitu puas (63.9%). Hasil penelitian menunjukan adanya hubungan yang bermakna antara mutu pelayanan keperawatan (p value= 0.000<0.05) dengan tingkat kepuasan pasien rawat inap. Kesimpulan penelitian ini adanya hubungan yang bermakna antara Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Ruang Mina Rumah Sakit Aisyiyah Pariaman Tahun 2021. Diharapkan rumah sakit aisyiyah pariaman khususnya di ruang mina agar dapat mempertahankan mutu pelayanan keperawatan dan melakukan survei kepuasan pasien secara berkala dan berkesinambungan untuk mengevaluasi kinerja pelayanan keperawatan dan mutu pelayanan rawat inap.

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Dora, M. S. ., & Ramaita, R. (2021). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Pada Masa Pandemi Covid 19 Di Ruang Mina Rumah Sakit Aisyiyah Pariaman Tahun 2021. Nan Tongga Health And Nursing, 16(1), 56–64. https://doi.org/10.59963/nthn.v16i1.78